PEMASARAN
1. Promosi
Menurut KBBI promosi merupakan kegiatan
komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan,
demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasive.
Promosi sangat penting didalam menjalankan
sebuah bisnis. Tidak hanya bisnis yang sudah besar dan terkenal saja yang
melakukan promosi. Sebagai pemula pun perlu melakukannya untuk memperkenalkan produk
yang dibuat atau dijual.
Promosi dapat dilakukan dengan
a. Door
to door
Langkah awal yang bisa dilakukan adalah
dengan system door to door. Menawarkan ke tetangga sekitar rumah, saudara, rekan
kerja dan teman – teman komunitas. Kemudian meminta testimoni tentang kue kering
yang dibuat sendiri. Hasil testimoni ini bisa dijadikan promosi ke media online
yang lebih luas lagi jaringannya.
b. Tester
Siapkan kue kering untuk bisa diincipi
oleh calon pembeli atau pelanggan agar mereka dapat merasakan secara langsung
enaknya kue kering yang dibuat. Sehingga calon pembeli atau pelanggan bisa
memesan secara langsung.
c. Harga
khusus
Pemberian harga khusus ini akan sangat
menarik untuk pembeli. Misalnya membuat harga khusus untuk reseller dan bukan
reseller. Pembelian kue kering dengan sistem paket akan lebih murah. Namun sebaiknya
perlu diperhitungkan terlebih dahulu sebelum memberikan harga khusus seperti
ini jangan sampai dengan adanya harga khusus membuat usaha yang dijalankan
tidak mendapatkan keuntungan dan rugi.
d. Media
online
Pada saat ini media online sudah sangat
berkembang pesat. Dapat dengan mudah dalam memasarkan sebuah produk. Misalnya melalui
whastapp, instagram dan facebook. Gunakan gambar – gambar kue kering yang
dibuat untuk menawarkan melalui media – media tersebut. Tentu dengan ditambah sedikit
kreatifitas dalam membuat tampilan akan membuat pelanggan menjadi tertarik.
e. Proposal
Ketika usaha sudah berjalan dapat
memperluas jaringan dengan menggunakan proposal. Masuk ke perusahaan, kantor –
kantor untuk menawarkan produk yang dibuat. Kue kering bisa digunakan untuk
oleh – oleh atau parsel saat ramadhan tiba.
2. Kemasan
Membuat kemasan yang baik dan menarik
dapat meningkatkan penjualan produk. Kue kering dapat di kemas dalam sebuah
toples mika berbentuk bulat, kotak dan lainnya. Pada saat ini banyak juga
variasi dari toples tidak hanya toples mika bahkan toples kecil – kecil
berbahan kaca untuk kue kering yang dijual ditoko – toko bahan kue.
Kemasan toples biasa digunakan pembeli
yang akan membuat hampers atau parsel. Namun ada juga pembeli yang hanya
meminta dikemas dalam mika plastik biasa karena toples mika tidak akan mereka
pake kembali dan produk akan mereka pindahkan kedalam toples yang sudah mereka
sediakan untuk lebaran di rumah.
Sebagai penjual produk apalagi yang
masih awal kita menuruti permintaan konsumen terlebih dahulu agar mereka
menjadi pelanggan tetap kita. Meskipun kita tetap harus melakukan inovasi –
inovasi untuk produk kita.
Baca selengkapnya »
0 komentar:
Posting Komentar