Selasa, 25 Mei 2021

DAY 7

 



PEMASARAN

1.      Promosi

Menurut KBBI promosi merupakan kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasive.

Promosi sangat penting didalam menjalankan sebuah bisnis. Tidak hanya bisnis yang sudah besar dan terkenal saja yang melakukan promosi. Sebagai pemula pun perlu melakukannya untuk memperkenalkan produk yang dibuat atau dijual.

Promosi dapat dilakukan dengan

a.       Door to door

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan system door to door. Menawarkan ke tetangga sekitar rumah, saudara, rekan kerja dan teman – teman komunitas. Kemudian meminta testimoni tentang kue kering yang dibuat sendiri. Hasil testimoni ini bisa dijadikan promosi ke media online yang lebih luas lagi jaringannya.

b.      Tester

Siapkan kue kering untuk bisa diincipi oleh calon pembeli atau pelanggan agar mereka dapat merasakan secara langsung enaknya kue kering yang dibuat. Sehingga calon pembeli atau pelanggan bisa memesan secara langsung.

c.       Harga khusus

Pemberian harga khusus ini akan sangat menarik untuk pembeli. Misalnya membuat harga khusus untuk reseller dan bukan reseller. Pembelian kue kering dengan sistem paket akan lebih murah. Namun sebaiknya perlu diperhitungkan terlebih dahulu sebelum memberikan harga khusus seperti ini jangan sampai dengan adanya harga khusus membuat usaha yang dijalankan tidak mendapatkan keuntungan dan rugi.

d.      Media online

Pada saat ini media online sudah sangat berkembang pesat. Dapat dengan mudah dalam memasarkan sebuah produk. Misalnya melalui whastapp, instagram dan facebook. Gunakan gambar – gambar kue kering yang dibuat untuk menawarkan melalui media – media tersebut. Tentu dengan ditambah sedikit kreatifitas dalam membuat tampilan akan membuat pelanggan menjadi tertarik.

e.       Proposal

Ketika usaha sudah berjalan dapat memperluas jaringan dengan menggunakan proposal. Masuk ke perusahaan, kantor – kantor untuk menawarkan produk yang dibuat. Kue kering bisa digunakan untuk oleh – oleh atau parsel saat ramadhan tiba.

2.      Kemasan

Membuat kemasan yang baik dan menarik dapat meningkatkan penjualan produk. Kue kering dapat di kemas dalam sebuah toples mika berbentuk bulat, kotak dan lainnya. Pada saat ini banyak juga variasi dari toples tidak hanya toples mika bahkan toples kecil – kecil berbahan kaca untuk kue kering yang dijual ditoko – toko bahan kue.

Kemasan toples biasa digunakan pembeli yang akan membuat hampers atau parsel. Namun ada juga pembeli yang hanya meminta dikemas dalam mika plastik biasa karena toples mika tidak akan mereka pake kembali dan produk akan mereka pindahkan kedalam toples yang sudah mereka sediakan untuk lebaran di rumah.

Sebagai penjual produk apalagi yang masih awal kita menuruti permintaan konsumen terlebih dahulu agar mereka menjadi pelanggan tetap kita. Meskipun kita tetap harus melakukan inovasi – inovasi untuk produk kita.

 

 

 

 

 

 

 


Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsors